Dengan bertransaksi di viva-pay.id dan media resmi
transaksi
lainnya, maka secara otomatis Anda
telah menyetujui segala kebijakan yang berlaku. Harap membaca kebijakan baik-baik
sebelum Anda melakukan
transaksi.
A. Hal Umum
- viva-pay.id bertindak sebagai perantara antara
pembeli dengan
penyedia layanan operator.
viva-pay.id bukan merupakan bagian dari
operator.
- Hal-hal seperti gangguan operator, sinyal internet lemah, dan/atau keluhan lainnya
terkait operator
merupakan hal diluar kendali viva-pay.id.
B. Pembelian Produk
- Keterangan produk ditampilkan di website, aplikasi, dan telegram. Apabila keterangan
dirasa kurang
lengkap, pembeli dapat menghubungi CS. Sebelum bertransaksi mohon untuk dibaca
dengan seksama
keterangan produk yang akan dipesan.
- Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Tergantung kebijakan dari
operator pusat dan
suplier.
- Tidak bisa membeli produk yang sama ke nomor yang sama di hari yang sama, jika beda
produk isi ke
nomor yang sama beri jeda 3 menit sejak transaksi pertama sudah selesai. Jika
pengisian terlalu
cepat kemungkinan besar akan gagal karena ada kebijakan jeda 3 menit dari operator.
- Data pesanan seperti produk yang dipesan dan nomor HP tujuan serta ID pengganggan
didapatkan dari
pelanggan. Pastikan Anda telah memasukkan / memberikan data dengan benar. Kesalahan
pengisian /
pemberian data yang mengakibatkan produk terkirim ke nomor yang salah bukan
merupakan tanggung jawab
viva-pay.id.
C. Pembayaran
- Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang Rupiah apabila menggunakan
pilihan metode
pembayaran transfer bank.
- Metode bank transfer dapat dilakukan menggunakan internet banking, mobile banking,
sms banking,
transfer ATM, atau transfer langsung dari teller di cabang bank.
- Biaya transfer dan/atau admin yang berlaku (apabila ada) sepenuhnya merupakan
tanggung jawab
pembeli.
- Gangguan yang terjadi di pihak bank / pihak ke-3 lainnya (misal DANA, GO-PAY, OVO
dan lainnya)
sehingga mengakibatkan sistem tidak bisa membaca mutasi bukan merupakan tanggung
jawab
viva-pay.id. Setelah melakukan transfer harap
menyimpan bukti
transfer.
- Kesalahan dalam penulisan nomor rekening dan informasi lainnya oleh pembeli atau
kelalaian pihak
bank yang mengakibatkan dana tidak diterima / tidak sampai ke tujuan yang benar
bukan merupakan
tanggung jawab viva-pay.id.
- viva-pay.id tidak menerima pembayaran di
belakang.
- Rekening bank, akun GO-JEK, akun OVO da akun payment gateway lainnya yang digunakan
pembeli untuk
mentransfer dana adalah rekening/akun yang sah dimana pemilik rekening/akun
mengetahui dan setuju
dengan transaksi yang dilakukan pembelian,
viva-pay.id tidak
dapat dituntut dan tidak dapat
dimintai tanggung jawab atas kerugian yang dialami pemilik rekening pengirim.
- Jika pesanan sudah melebihi batas waktu transfer, maka pesanan otomatis dibatalkan.
- Dana yang ditransfer melebihi batas waktu transfer akan dikembalikan kecuali ada
konfirmasi dan
kesepakatan dengan viva-pay.id mengenai
kebijakan yang akan
diambil.
- Segala biaya yang timbul dari proses pembayaran akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
D. Pembatalan Transaksi
- Produk mengalami gangguan, nomor yang diinput tidak benar / dalam masa tenggang /
tidak registrasi
sesuai NIK dan KK yang sah, atau sebab kuat lainnya yang menyebabkan pengiriman
produk gagal, dana
akan masuk ke saldo akun jika melakukan login saat pembelian. Jika tidak login
segera konfirmasi ke
CS untuk tindak lanjut.
- Pengiriman produk jika masi dalam prosesdan belum ada laporan sukses/gagal dari
pusat, maka
pembelian tidak bisa dibatalkan.
- Pesanan dan transfer yang dilakukan pada saat jam mutasi perbankan offline dan
sistem tidak dapat
mengkonfirmasi pembayaran sampai pesanan kadaluarsa, segera konfirmasi ke CS untuk
tindak lanjut
maksimal 2x24 jam sejak ransfer, lewat dari 2x24 jam.
- Dalam hal kesalahan transfer yang diakibatkan kelalaian pelanggan (salah mentransfer
Nominal /
Jumlah dan Berita yang telah diinstruksikan oleh sistem), yang menyebabkan transaksi
tidak diproses
sistem, maka refund / pengembalian dana akan dilakukan setelah pembeli menghubungi
CS dengan
menunjukan bukti transfer dan memberikan data terkait transfer tersebut maksimal
2x24 jam.
- Refund / pengembalian dana akan dilakukan jika rekening yang diberikan untuk
menerima dana
pengembalian merupakan rekening yang sama yang digunakan untuk transfer ke
viva-pay.id.
- viva-pay.id berhak melakukan pembatalan
transaksi secara
sepihak jika terjadi pelanggaran oleh
pengguna.
- Pembatalan transaksi yang diakibatkan gangguan pada sistem, kenaikan harga, atau
stok habis, maka
uang pemesan akan dikembalikan tanpa potongan apapun (sesuai harga murni produk yang
dibeli, admin
pihak ketiga tidak dikembalikan) selambat-lambatnya 2x24 jam sejak pemberitahuan
pembatalan
transaksi dikirim ke pemesan.
- Pengajuan refund / pengembalian dana dapat dilakukan melalui kontak yang tertera
pada
viva-pay.id.
E. Pengiriman Produk
- Produk dikirim setelah pembeli melakukan transfer sesuai dengan ketentuan dan
melakukan konfirmasi
pembayaran dengan cara klik tombol konfirmasi pada halaman transaksi untuk metode
transfer bank CIMB
dan BSM. Metode transfer bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, Muamalat tidak perlu menekan
tombol konfirmasi
pembayaran. Metode pembayaran GO-PAY dan OVO silakan tekan konfirmasi jika
pembayaran belum diterima
sistem.
- Produk lama terkirim diakibatkan kesalahan pembeli seperti tidak melakukan
konfirmasi pembayaran
melalui tombol yang sudah disediakan, bukan merupakan tanggung jawab
viva-pay.id.
- Jika pada saat pengecekan mutasi transfer terjadi gangguan pada sistem online
banking, atau saat
internet banking offline maka transaksi akan dilakukan setelah sistem bank normal
dan pengguna tidak
dapat menuntut apapun pada kondisi ini.
- Kesalahan pembelian / order dalam menuliskan Nomor HP, ID PLN, atau informasi
lainnya yang
mengakibatkan produk tidak bisa dikirim menjadi tanggung jawab pembeli / pemesan.
- Komplain maksimal 3x24 jam setelah pemesanan produk, apabila sudah melakukan
pembayaran namun produk
belum diterima atau karena sebab kuat lainnya. Komplain lebih dari 3x24 jam setelah
pemesanan, maka
produk dianggap sudah terkirim dan sukses.
F. Deposit
- Saldo deposit bisa diuangkan kembali dengan proses 1 hingga 7 hari.
- Pelanggan yang mengajukan penutupan akun bisa mencairkan seluruh saldo nya dengan
menghubungi CS.
G. Garansi
- Garansi uang kembali apabila viva-pay.id tidak
dapat memproses
pemesanan / salah mengirimkan
produk, dikarenakan kesalahan viva-pay.id.
- Garansi yang diberikan viva-pay.id adalah
terkait keaslian dan
pengiriman produk.
- Garansi diberikan pada jam kerja yang dicantumkan pada website.
- Pengajuan komplain yang dilakukan di luar kontak yang tercantum di situs ini, bukan
tanggung jawab
viva-pay.id dan
viva-pay.id tidak berkewajiban untuk
menjawabnya
- Jika situs penyedia / provider menghentikan layanan karena masalah internalnya,
viva-pay.id tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dituntut memberikan ganti rugi dengan alasan
apapun.
H. Pengembalian Dana
Pengembalian dana kepada pembeli dilakukan apabila:
- Pengisian produk gagal karena produk mengalami gangguan/ditutup.
- Pengembalian dana selambat-lambatnya dalam waktu 7 x 24 jam dari waktu order.
- Komplain pembeli maksimal 3x24 jam setelah melakukan order, melebihi batas waktu
tidak ada
pengembalian dana.
- Pembeli tidak dapat melakukan permintaan pengembalian dana karena kesalahan sendiri,
misalkan salah
transfer ke rekening orang lain atau sebab kuat lainnya.
I. Pemblokiran Akun dan Nomor HP
viva-pay.id barhak memblokir akun member atau nomor
HP pembeli
jika:
- Terbukti membuat akun lebih dari satu dan melakukan aktivitas transaksi yang
mencurigakan.
- Akun member digunakan untuk menyalahgunakan layanan
viva-pay.id seperti menipu, dan lain
sebagainya.
- Akun member memiliki banyak rekening yang berbeda-beda dan melakukan aktivitas
transaksi yang
mencurigakan.
- Akun member mengupload foto/scan KTP palsu yang bersumber dari internet.
- dan sebab kuat lainnya.
J. Informasi Produk
- viva-pay.id hanya menjual produk yang ada
dalam list form
order.
- Jika terjadi perubahan layanan, fitur, jumlah kuota dan lain-lain, maka
viva-pay.id tidak
bertanggung jawab atas perbedaan/perubahan ini, dan tidak dapat dituntut ganti rugi
dengan alasan
apapun.
K. Hal-Hal yang Tidak Terduga
- Dalam hal koneksi internet terputus yang mengakibatkan server
viva-pay.id tidak dapat online
sehingga transaksi tidak dapat dilakukan, maka
viva-pay.id tidak dapat dituntut atas segala
kerugian yang ditimbulkan.
- viva-pay.id tidak bertanggung jawab atas
perubahan layanan
atau penghentian layanan oleh
provider / penyedia situs dengan alasan apapun.
- viva-pay.id tidak bertanggung jawab atas
terganggunya
transaksi akibat gangguan pada sistem
jaringan internet atau gangguan jaringan perbankan atau gangguan jaringan telepon
seluler atau
sistem penyedia situs.
L. Privasi dan Kerahasiaan
- viva-pay.id menjamin kerahasiaan dan privasi
pelanggan.
- viva-pay.id tidak pernah dan tidak akan pernah
membagi
informasi apapun seperti nomor rekening,
email, nomor telepon, dan/atau SMS pelanggan kepada pihak manapun.
M. Perselisihan
- Perjanjian ini tunduk kepada hukum Republik Indonesia.
- Apabila terjadi perselisihan maka akan diselesaikan secara musyawarah mufakat.
N. Tambahan
- Hal-hal yang belum tercantum dalam Kebijakan ini akan di sampaikan kemudian hari.